Parade Foto Hiend Guitar Experience 2017, Lebarannya para Pecinta Gitar

Parade Foto Hiend Guitar Experience 2017, Lebarannya para Pecinta Gitar

Kamarmusik.net, JAKARTA – Tanggal 30 November sampai 2 Desember 2017 kemarin boleh jadi momen yang nggak akan pernah dilupakan oleh para pencinta gitar di seluruh Indonesia. Sebuah event gitar besar bertajuk Hiend Guitar Experience 2017 kembali diselenggarakan di Plaza Semanggi. Ya, ini adalah event kedua nasional yang digagas oleh Djuned, owner Hiend Guitar, setelah sukses dengan acara yang diadakan pada 11-14 Mei 2017 lalu.

Event gitar kedua ini digelar dengan skala yang lebih besar. Paramaternya adalah jumlah gitaris yang dihadirkan lebih rame. Booth yang disediakan panitia jauh lebih banyak. Satu hal istimewa dari Hiend Guitar Experience 2017 kedua dihadiri oleh gitaris beken dari band legendaris Guns N’ Roses, yaitu Ron “Bumblefoot” Thal.

“Acara ini konsepnya sederhana dan mulia yaitu ingin mengumpulkan seluruh gitaris hebat di Indonesia dan mempertemukan para penggemar gitar baik yang pemula maupun profesional di sebuah tempat. Kami ingin para pecinta gitar datang, menikmati acara, dan bisa bertukar pikiran dengan pengunjung lain maupun gitaris idolanya,” tutur Djuned, sang penggagas acara, saat ditemui Kamar Musik di acara Hiend Guitar Experience 2017.

Bergabungnya Semua Kompetitor Toko dan Distributor Gitar

Parade Foto Hiend Guitar Experience 2017, Lebarannya para Pecinta Gitar
Aksi memukau Six Strings Indonesia yang bikin mata semua penonton enggan berkedip (Foto: Dok. Djuned Hiend Guitar).

Djuned menambahkan nggak banyak event besar yang memiliki segmentasi tertentu untuk sebuah instrumen musik diadakan di Indonesia. Pagelaran akbar ini nggak hanya menyuguhkan gitar-gitar PRS saja, namun ada berbagai merek gitar, amplifier gitar, boutique pedals efek, sampai case baik dari merek lokal maupun impor.

“Dalam acara ini kami nggak memandang dia kompetitor atau bukan. Semua pemilik toko gitar dan distributor gitar kami ajak bergabung. Kalau ditanya untung atau rugi, yang kami pikirkan bukan itu. Totally, acara ini loose money. Berhubung gue gitaris dan penggemar gitar, visi misinya ya ini arena kumpulnya gitaris. Tak ada saing-saingan dan nggak ada pengkotak-kotakkan genre musik juga,” urai pengusaha sukses bernama lengkap Djuned Kusuma ini.

Silaturahminya Para Gitaris Hebat dan Multi-Talented

Parade Foto Hiend Guitar Experience 2017, Lebarannya para Pecinta Gitar
Djuned, sang penggagas acara ini berharap tahun depan event gitar ini bisa kembali berlangsung dalam skala yang lebih besar (Foto: Dok. Djuned Hiend Guitar).

Hiend Guitar Experience 2017 dibuka mulai Kamis 30 November 2017. Gitaris Kantoran dipercaya untuk membuka kemegahan event ini. Lalu dilanjutkan dengan aksi menawan pasutri yang sangat menginspirasi, Endah n Rhesa. Duo gitaris band Nidji, Ramadhista Akbar dan Andi Ariel Harsya ikutan beraksi. Setelah DeGils, tontonan cadas diperagakan oleh Pradikta Wicaksono ‘Yovie & Nuno’, dan penampilan super ciamik dari Ron ‘Bumblefoot’ Thal.

Parade Foto Hiend Guitar Experience 2017, Lebarannya para Pecinta Gitar
Klinik gitar yang ciamik diperagakan Aria Baron, eks gitaris GIGI yang juga personel Six Strings Indonesia (Foto: Dok. Djuned Hiend Guitar).

Pada hari kedua, Jumat 1 Desember 2017, Bumblefoot kembali menghibur ratusan penonton dengan klinik gitar yang atraktif. Tomo Widayat, yang beken dikenal sebagai additional player Sheila on 7, juga memperlihatkan kepiawaiannya sebagai gitaris. Setelah Areyoualone, giliran Gugun vokalis Gugun Blues Shelter yang tampil memukau. Selanjutnya Iga Massardi ‘Barasuara’, menunjukkan harmonisasinya dengan kawalan Ibrahim ‘Baim’ Imran.

Semakin malam, venue makin penuh karena penonton sangat menanti aksi Six Strings. Baim kembali unjuk gigi bersama Eross Candra, Aria Baron, Dewa Budjana, dan Tohpati. Eross yang selama ini jarang bernyanyi, ditantang mengeluarkan suara empuknya. Gitaris Sheila on 7 itu mampu menghibur penonton dengan jokes segarnya. Penonton banyak yang antre ingin berswafoto bersama Six Strings minus Dewa Budjana yang pulang lebih dahulu.

Owner Hiend Guitar sedikit memberi bocoran soal rahasia kesuksesan acara yang dikonsep dalam waktu singkat ini.

Event ini persiapannya super kebut, hanya seminggu. Beda dengan yang Mei kemarin, persiapannya sampai sebulan. Selama ini mungkin nggak ada yang mau berkorban untuk mengumpulkan para gitaris dan artis dalam jumlah sebanyak ini. Seluruh artis yang datang termasuk Ron Thal kami bayar secara profesional,” imbuh Djuned.

Lebarannya Para Gitaris

Parade Foto Hiend Guitar Experience 2017, Lebarannya para Pecinta Gitar
Eross Candra ternyata tak hanya jago main gitar dan bikin lagu, tapi berbakat juga jadi MC (Foto: Dok. Djuned Hiend Guitar).

Hiend Guitar Experience 2017 seakan jadi obat kerinduan berkumpulnya para gitaris. Bagaimana tidak, cuma di acara ini gitaris dan para musisi bisa sharing ilmu dan seru-seruan bareng. Ajang ini sekaligus sebagai media silaturahmi para gitaris untuk bertemu teman baru. Berkaca dari kemeriahan itulah, Pongki Barata dalam akun Instagramnya menyebut event gitar tanggal 30 November sampai 3 Desember 2017 sebagai Lebarannya para Gitaris.

Bener sekali, ini semacam lebarannya para Gitaris. Mereka ketemuan, tanpa jarak, kumpul kumpul hore buat kesenangan yang sama, yaitu kayu yang di senarin hahaha.. Tidak pernah saya liat ada pameran gitar seperti ini, hangat, atmosfirnya santai tapi informatif. Dan yang penting, banyak gitar-gitar impian di depan mata! Hampir semua ‘jagoan pergitaran’ datang ke sini. Dari musisi profesional, newbie, pedagang gitar online, legend, sampai bapak-bapak yang mau beliin anaknya yang baru belajar gitar. Feels like home, man haha,” tulis Pongki.

Parade Foto Hiend Guitar Experience 2017, Lebarannya para Pecinta Gitar
Hanya di acara ini pengunjung bisa melihat dan mencoba langsung berbagai merek dan jenis gitar canggih (Foto: Dok. Djuned Hiend Guitar).

Benar adanya. Dua hari terakhir, pengunjung yang datang makin menyemut. Pada hari Sabtu 2 Desember 2017, bintang yang tampil nggak kalah kece. Mulai dari 2invasion, Gredy Ryan, Alena, Rendy Pandugo, Dwiki, Baron Clinic, Divaldi Addina Azhar Reza, Baken Nainggolan ‘Siksakubur’ sampai Regatta.

Menyaksikan skill luar biasa Bumblefoot Dari Jarak Super Dekat

Parade Foto Hiend Guitar Experience 2017, Lebarannya para Pecinta Gitar
Acara ini makin terasa istimewa dengan kehadiran Ron “Bumblefoot” Thal (Foto: Dok. Djuned Hiend Guitar).

Hari terakhir lebih petjaaah lagi. Acara dibuka oleh pasutri Cressentia Murniastuti dan Cornelius Prapaska dari See n See Guitar, Indranesia, Nissan Fortz, Zendhy Kusuma dan Denny Chasmala, Dediv Musila, Adli Noor, John Paul Ivan, Edwin ‘Cokelat’, dan ditutup oleh aksi luar biasa dari Aldy ‘Kanda Brothers’. Pemoles band Kanda Brothers, Once Mekel kebagian tampil mendampingi Ronald Jay Blumenthal alias Ron Thal yang adu keren dengan Andre Dinuth.

“Perbedaan Hiend Guitar Experience bulan Desember dengan Mei kemarin adalah, skalanya 3-4 kali lebih besar. Saya senang acara ini berlangsung meriah, meski kami harus nombok. Tapi bukan itu yang kami titikberatkan. Berkumpulnya semua gitaris di sini jauh lebih berharga. Gue berharap event gitar tahun depan akan lebih rame dan keren,” harap musisi gitar kelahiran Jakarta 17 Agustus 1979 tersebut.

Parade Foto Hiend Guitar Experience 2017, Lebarannya para Pecinta Gitar
Selama 4 hari, pengunjung bisa melihat secara dekat para gitaris terkenal Indonesia unjuk kebolehannya (Foto: Dok. Djuned Hiend Guitar).

edofumikooo