Mau Tahu Seperti Apa Rahasia Sound Gitar Eross Candra?

Mau Tahu Seperti Apa Rahasia Sound Gitar Eross Candra?

Kamarmusik.net, JAKARTA – Siapa tak kenal Eross Candra, gitaris asal Yogyakarta yang tergabung dalam grup band Sheila on 7 ini telah memiliki banyak lagu hits. Pencipta lagu yang lahir pada 3 Juli 1979 ini salah satu gitaris yang concern dan konsisten terhadap gitar dan sound yang dihasilkan. Sejak album pertama Sheila on 7 rilis, suara gitar Eross yang cenderung bright dan overdrive mewarnai musik Indonesia.

Dalam setiap aksinya, overdrive sound selalu menjadi pilihan utama Eross Candra

Ampli gitar pun selalu dalam posisi drive. Tak ketinggalan tubescreamer pedal favorit Eross yang di gunakan untuk memboost agar mendapatkan sustain yang lebih panjang saat lead gitar.

“Posisi kob drive arah jam 10, tone jam 1 dan level jam 3 !”, tegas nya saat ditanya mengenai setting pada tubescreamernya. Sedangkan untuk mendapatkan sound clean ia mematikan tubescreamer dan menutup separuh volume di gitarnya.

Dalam pemilihan gitar untuk rekaman, Eross sangat selektif memilih gitar apa yang cocok untuk irama dan lagu yang direkamnya. Untuk isian rhytm, Eross banyak menggunakan gitar akustik. Gitar akustik andalannya saat ini ialah Gibson Western Country yang merupakan Sheryl Crow signature series.

Pada sesi gitar elektrik untuk lagu-lagu upbeat Eross lebih memilih memakai Les Paul Custom 1972 miliknya untuk menghasilkan suara gitar yang responsif. Seperti yang terdengar pada lagu “Sahabat Sejati” (album Kisah Klasik Untuk Masa Depan), “Seberapa Pantas” (07 Des), dan “Radio” (507).

Untuk lagu yang medium beat, Eross memilih gitar Fender untuk mendapat karakter bright dan crunch. Dengan gitar vintage, ia menggunakan Fender Telecaster 1967 dan Stratocaster 1971 seperti yang ada di lagu “Kita” (album Sheila on 7), “Dan” (Sheila on 7), “Bertahan di Sana” (Jalan Terus-The Best of), dan “Betapa” (Menentukan Arah).

Di “Hari Bersamanya” (Berlayar), Eross juga menggunakan gitar bariton Fender Bajo Sexto pada lead gitar lagu “Pasti Ku Bisa” (Berlayar).

Dalam setiap panggung, Eross sering menggunakan Fender Telecaster reissue 52 “Sephia” dengan pertimbangan keringanan dan body balance. Bagi fans Eross Candra yang ingin memiliki sound khas nya, bulan November 2012, Artist Endorser gitar merk Squire akan melaunching produk terbaru, “Squire Telecaster Eross Candra Series”.

Penulis : Aldy Kanda

Editor : Doddy Irawan