Kisah Inspiratif Abio Salsinha, Petani Desa yang Berhasil Jadi Penyanyi (2)

Kisah Inspiratif Abio Salsinha, Petani Desa yang Berhasil Jadi Penyanyi (2)

Kamarmusik.net, JAKARTA – Ketika kamu punya mimpi, kejarlah terus mimpi itu dan jangan pernah berhenti. Percaya deh suatu saat nanti, segala pengorbanan dan kerja keras yang kamu lakukan itu pasti akan terbayar lunas. Kamar Musik akan melanjutkan kisah inspiratif seorang penyanyi yang punya semangat juang tinggi dan nggak pernah lelah dalam mewujudkan mimpi-mimpi besarnya. Sang petani desa itu bernama Abio Salsinha.

Siapa yang menduga ia bisa masuk studio rekaman dan punya 7 album. Album pertamanya berjudul Fulan ho Fitun. Ia berduet dengan musisi Timor Leste, Tonny Pereira. Album keduanya yaitu Metan Morena, kalau diterjemahkan artinya hitam manis. Album ketiganya adalah Keta Loko An, artinya hidup jangan terlalu menyombongkan diri. Album keempatnya adalah Gloria Haleluia, ada sebuah lagu Natal yang ia berduet kembali dengan Tonny Pereira.

Album kelimanya berjudul Tebe Likurai. Album keenam memakai judul bahasa Indonesia, Berterus Terang. Album ketujuhnya ia beri titel CLBK & Maria La Jadi. Dari seluruh album itu beberapa lagu jadi hits. Di antaranya “CLBK”, “Maria Lajadi”, “Didi”, “Laran Ne’e Tanis”, “Obrigado Doben”, “Tei Sando Lei”, “Keta Loko An”, “Tebe Likurai”, “Komarka”, “Tei Sendler”, dan lainnya. ‘Mantan’ petani desa itu lagi proses merampungkan album ke delapan.

Kisah Inspiratif Abio Salsinha, Petani Desa yang Berhasil Jadi Penyanyi (2)

Dalam salah satu track nya, Abio Salsinha berkolaborasi dengan aktris cantik Citra Kirana. Lagu yang mereka nyanyikan yaitu “Cinta 1 Dalam 2 Negeri”. Meski sibuk dalam dunia entertainment, musisi yang memiliki nama lengkap Abilio Soares Salshinha itu juga mampu membagi waktunya untuk menimba ilmu. Pada akhir tahun 2016 lalu, pria kelahiran Liquisa 4 Februari 1980 ini berhasil menjadi Sarjana Teknik di UNPAZ (Universidade Da Paz).

Bukan hanya eksis di dunia tarik suara, Abio Salsinha juga berhasil menjelajah dunia seni peran. Nggak heran kalau penyanyi Timor Leste ini memiliki banyak penggemar di Indonesia. Beberapa sinetron telah ia mainkan, salah satu yang fenomenal adalah Tukang Bubur Naik Haji. Kisah inspiratif hebat lainnya adalah Abio juga seorang penulis buku lho. Tanggal 2 Juni besok, di sebuah hotel di Jakarta, ia siap meluncurkan buku perdananya berjudul Kamera Cinta.

Ini dia bagian kedua kisah inspiratif Abio Salsinha yang penuh drama.

Cerita Kegigihan Sang Petani Desa yang Mampu Menembus Studio Rekaman

Kisah Inspiratif Abio Salsinha, Petani Desa yang Berhasil Jadi Penyanyi (2)

“Setelah lulus sekolah, impian saya untuk menjadi penyanyi terus bergelora. Untuk membuat album kan butuh dana yang tidak sedikit. Ketika mau rekaman, saya keluarkan semua uang yang selama ini saya tabung dengan susah payah. lagu. Waktu itu saya berprinsip, nggak mau meminta dana kepada siapa pun,” imbuh Abio yang selalu menyempatkan menulis syair lagu meski sibuk dengan pekerjaannya.

Selama memiliki niat baik dan kemauan tinggi, semua kesulitan yang menghadang pasti bisa dilewati.

“Jadi lah saya terbiasa mandiri. Seluruh album, saya langsung yang memproduserinya. Masing-masing album, baik itu CD maupun syuting video musiknya, saya produksi sendiri. Minimal sekali cetak CD sebanyak 500 keping. Saya punya moto, selagi masih mentah (musik) itu punya aku, tapi setelah masak (jadi CD album) itu punya semua orang,” ceplos musisi yang memiliki nama lengkap Abilio Soares Salshinha ini

Ia optimistis semua perjuangan yang ia lakukan di musik, pasti akan memberi inspirasi positif ke masyarakat luas.

“Buat saya, hidup di dunia hanya dua hal yang kita lakukan. Pertama, selagi bisa membuat sejarah, ya kita harus ciptakan. Setelah itu, kita akan kembali ke dunia atau alam yang lain. Kedua, memori. Kisah inspiratif dan lika-liku saya selama di dunia entertainment, semoga bisa menjadi penyemangat dan dilanjutkan oleh generasi muda yang akan datang,” lontar pria yang mulai menyukai musik sejak ia masih berumur 8 tahun ini.

Proses itu rangkaian panjang menuju sukses. Meski lahir dari keluarga petani, apa iya dia nggak bisa jadi penyanyi?

“Saya pengin memperkenalkan musik Tetun di negara Timor Leste dan negara-negara Asia lainnya, termasuk Indonesia. Kalau selama ini, mungkin saya belum mendapat support dari pemerintah, ya saya tetap akan maju terus. Setidaknya langkah saya ini bisa menginspirasi artis-artis muda Timor Leste yang lain,” tutur Abio mantap.

Lika-Liku Hidup: Ada yang Beneran Tulus, Ada Juga yang Baik Tapi Nggak Tulus

Kisah Inspiratif Abio Salsinha, Petani Desa yang Berhasil Jadi Penyanyi (2)

Bukan setahun-dua tahun Abio Salsinha berkecimpung di industri hiburan. Ia telah malang-melintang di dunia entertainment selama 20 tahun lebih. Buat orang yang masih awam dengan peta industri showbiz, ia pasti pernah mengalami hal-hal yang sangat menyakitkan. Salah satunya ditipu orang yang selama ini dekat dengan dirinya.

“Aku bersyukur kepada Tuhan, bisa punya nama baik di dunia hiburan seperti sekarang. Meski awalnya sangat berliku, suatu hari pasti ada jalan yang terbaik. Meski berat, apapun yang terjadi, aku nggak akan meninggalkan dunia entertainment. Kalau kita galau terus setelah ditipu orang, saya nggak akan bisa maju terus,” curhatnya.

Lalu bagaimana Abio menyikapi kalau ada orang yang selama ini baik justru malah menikungnya dari belakang?

“Saya biasa aja, dia tetap jadi sahabat saya. Mungkin dari pengalaman bersama dia, saya bisa kenal orang baik jauh lebih banyak. Saya nggak mau cemberut atau bete. Kalau ketemu orang-orang tipe begitu, saya akan terus bertegur sapa. Meski rasanya sedih, tapi semua itu saya anggap sebagai motivasi untuk terus melangkah,” terang Abio.

Sebagai penyanyi senior Timor Leste, ia terus memberi motivasi ke generasi muda untuk terus mendulang prestasi.

Kisah Inspiratif Abio Salsinha, Petani Desa yang Berhasil Jadi Penyanyi (2)

“Buat seluruh pemuda Timor Leste, talenta hebat itu jangan disembunyikan. Jangan cuma nyanyi di dapur atau di kamar mandi saja. Petani desa seperti saya aja bisa. Tunjukkan kalau kamu punya suara bagus. Siapa tahu kamu bisa terangkat dan bahkan mampu mengharumkan nama negara di mata dunia,” pesan musisi yang siap memaparkan lebih detail seputar kisah seru dan menyenangkan di dalam 4 bab dan 190 halaman lebih buku Kamera Cinta.

edofumikooo