Terbongkar! Rahasia Tersembunyi di Balik Lagu 'Cerita Tahun Lalu' Tipe X

Terbongkar! Rahasia Tersembunyi di Balik Lagu ‘Cerita Tahun Lalu’ Tipe X

Kamarmusik.net, JAKARTA – Wohooo… Tipe X akhirnya resmi mengenalkan lagu anyar mereka yang berjudul “Cerita Tahun Lalu” pada Sabtu (13/5) kemarin di Taman Ade Irma Suryani, Bogor. Ribuan X Friends dan X Angels yang hadir di acara launching tersebut, bernyanyi bersama mengikuti hentakan musik yang dikumandangkan oleh Tresno Riadi (vokal), Micky (bass), Yoss (gitar), Billy (gitar), Anto (trombone), dan Arie Hardjo (drum).

Dari hasil laporan pandangan mata yang disampaikan oleh sang vokalis, seluruh penggemar Tipe X telah menguasai dan hafal luar kepala dengan lirik lagu baru “Cerita Tahun Lalu”.

“Gue seneng banget dengan tiket masuk 25 ribu, penonton yang datang melebihi 3000 orang. Mereka udah hafal lagu baru kami karena emang gue udah infoin lengkap lagunya di medsos. Alhamdulillah lagi, hanya dalam 3 hari, viewers video musik ‘Cerita Tahun Lalu’ udah mencapai 100 ribu lebih,” papar suami dari Dian, vokalis band Orind.

Proses Kreatif di Balik Terciptanya Lagu ‘Cerita Tahun Lalu’ Milik Tipe X

Terbongkar! Rahasia Tersembunyi di Balik Lagu 'Cerita Tahun Lalu' Tipe X

Sekadar kilas balik, unit ska terbesar di Indonesia yang terbentuk tanggal 10 September 1995 ini telah menggelindingkan 7 album studio: Ska Phobia (1999), Mereka Tak Pernah Mengerti (2001), Super Suprise (2003), Discography Hitam Putih (2005), A Journey (2007), Festival Perasaan (2009), dan Seven (2012). Nah… lagu “Cerita Tahun Lalu” ini merupakan salah satu track asyik yang bakal nongol di album ke-8 mereka.

Niwey, kenapa sih judulnya “Cerita Tahun Lalu”? Kenapa nggak cerita 3 tahun lalu atau 5 tahun lalu misalnya?

“Soalnya tema lagu ini berdasarkan kisah real yang diceritain ke gue persis setahun lalu. Makanya judulnya ‘Cerita Tahun Lalu’, keren kan?” ungkap Tresno.

Oalaaah, jadi ini cerita nyata ya. Kalau boleh tahu, cerita dari siapa tuh?

“Ahahaha… rahasia dong,” jawab ayah dari Gwen dan Rufio ini sok rahasia-rahasiaan.

Buat kalian yang pengin tahu lirik lagu “Cerita Tahun Lalu” secara full, nih Kamar Musik suguhin deh.

Dari dulu aku curiga/ Sepertinya kamu mendua/Tapi kau pintar sembunyikan/ Semua.. semua.. semua../

Hingga akhirnya kau terjepit/ Tentukan pilihan yang sulit/ Dan sialnya kau pilih dia/ Dia.. dia.. dia/

Ngga ada cinta takkan mati/ Patah tumbuh hilang berganti/ Meski dihianati ku masih tegak berdiri/ Cintamu pergi ku ngga perduli/ Hariku tak akan pernah sepi/ Karna cinta sejati kan datang senangkan hati//

Lagu Baru Tipe X Dibuat Hanya Dalam Hitungan Jam

Terbongkar! Rahasia Tersembunyi di Balik Lagu 'Cerita Tahun Lalu' Tipe X

Coba deh kamu bedah satu per satu kalimat yang meluncur, dalem banget maknanya lho. Temanya sih bikin baper karena orang yang ia sayangi, malah menduakan cintanya. Hayooo, siapa yang cintanya pernah dikhianati begini?

Urusan menggombal lewat kata-kata dan meracik lirik lagu yang sip, kepiawaian Tresno udah nggak diragukan deh.

Menurut vokalis band yang baru pulang manggung dari Kuala Lumpur Ska Festival 2017 ini, proses penulisan lirik lagu “Cerita Setahun Lalu” hanya memakan waktu setengah hari.

“Lagu ini bikinnya termasuk cepat. Mungkin yang banyak memakan waktu itu menyesuaikan jadwal studio, proses recording sampai mastering,” ceplos vokalis band yang belum lama ini juga merilis buku perjalanan berjudul 1999.

 

edofumikooo